Taksiran Bilangan Cacah

 Taksiran Bilangan Cacah


Selamat pagi🌅 adik-adik kelas 4. Hari ini kak Rian😊 akan menjelaskan materi taksiran bilangan cacah🔢 baik penjumlahan➕ maupun pengurangan➖. Menaksir hasil penjumlahan atau pengurangan dua bilangan berarti memperkirakan🤔 hasil penjumlahan atau pengurangan dari kedua bilangan tersebut. Caranya dengan membulatkan kedua bilangan🔢 kemudian hasil pembulatan tersebut dijumlahkan atau dikurangkan. Pada materi yang kita akan pelajari hari ini, kita akan belajar taksiran ke puluhan dan ratusan terdekat. 

Taksiran ke puluhan terdekat dilakukan dengan pembulatan ke puluhan terdekat dengan cara melihat angka satuan🔢 yang dimiliki dalam bilangan. Jika angka satuan lebih kecil daripada 5 maka bilangan akan dibulatkan ke bawah⬇️, sedangkan jika angka satuan lebih besar daripada 5 maka pembulatan yang dilakukan adalah pembulatan ke atas🔼. Contoh👩‍🏫 untuk bilangan 63 dibulatkan menjadi 60 sedangkan bilangan 47 dibulatkan menjadi 50.

Sedangkan untuk melakukan taksiran ratusan terdekat😊 adalah dengan melakukan pembulatan ke ratusan terdekat dengan cara melihat angka puluhan dalam suatu bilangan. Misalnya👩‍🏫 647 dibulatkan menjadi 600 sedangkan 470 dibulatkan menjadi 500.


Oh iya adik-adik😁 silahkan kerjakan latihan📔 berikut di buku tulis ya. Jawabnya langsung dibuat taksirannya🧐 ya adik-adik. Jangan lupa kirim📨 ke WA kakak.

1. 44+67 =

2. 66+85 =

3. 67-51 =

4. 26-12 =

Komentar